Thinkpad History

Thinkpad history

Nama thinkpad mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, sebagai laptop yang terkenal dengan kehandalan dan performancenya dan fitur fitur yang jarang dimiliki laptop lain. Pertama kali Thinkpad dibuat oleh  sebuah perusahaan computer pertama dunia yaitu IBM. Pada tahun 1920, Thomas J. Watson mmperkenalkan kata “THINK” sebagai slogan perusahaan terkenal IBM.  Selanjutnya selama beberapa decade ibm mendistribusikan notepads kecil dengan nama “THINK” di pajang disampul depan notepads tersebut. Selanjutnya nama thinkpad di usulkan oleh seorang karyawan IBM yang bernama Denny Wainwright. Namun nama tersebut masih menjadi perdebatan di jajaran petinggi IBM karena perusahaan tersebut masih menamai produknya dengan metode penamaan angka.  Tapi nama THINKPAD sendiri tetap di simpan dan belom dipublikasikan ke publick waktu itu.

Pada Oktober 1992 IBM merilis tiga produk pertama thinkpad yaitu 700, 700C, and 700T, seri 700c memiliki spesifikasi prosesor 25 MHz 486SLC,120 mb hardsik,layar 10,4” TFT, dengan dimensi 2.2 in (56 mm) × 11.7 in (300 mm) × 8.3 in (210 mm), dan memiliki berat 2,9 kg dan untuk harga waktu itu dibandrol dengan harga $4,350. Desain yang sangat berbeda jauh antara prototype dan produk yang di jual ke pasaran membuat produk ini sangat diminati pada waktu itu, ditambah dengan tombol merah yang dinamakan trackpoint yang terletak ditengah tengah keyboard yang mendukung laptop ini bisa digunakan tanpa mouse sangat nyaman digunakan diatas meja maupun digunakan pada saat diperjalanan menggunakan transportasi umum baik mobil, kereta,ataupun pesawat.  Versi thinkpad pertama ini sangat sukses dipasaran dan mendapatkan lebih dari 300 penghargaan untuk desain dan kualitas.

Thinkpad dengan desain warna yang hitam memperkenalkan desain yang kokoh dengan bahan pelindung perangkat terbuat dari magnesium,carbon fiber reinforced plastics atau dengan body titanium composite.  Thinkpad juga memperkenalkan beberapa inovasi  di desainnya dengan menambahkan trackpoint sebagai mouse ditengah keyboard berwujud tombol berwarna merah, thinklight yaitu lampu led untuk baca yang berada dilayar bagian atas, Active Protection system yaitu sebuah sensor accelerometer yang mendeteksi ketika thinkpad jatuh atau mengalami goncangan untuk melindungi hardisk dari kerusakan, roll cage desaign untuk melindungi mainboard, engsel layar terbuat dari stainless steel, fingerprint untuk keamanan, Client Security Solution, yang meningkatkan keamanan menggunakan built-in Trusted Platform Module (TPM), ThinkVantage suite aplikasi manajemen komputer, dan lubang pembuangan untuk membantu mengurangi kerusakan pada keyboard dan komponen dari tumpahan air ( water spill).

Sejak tahun 1995, desain ThinkPad telah dipimpin dan dikelola oleh desainer industri David Hill. Dia adalah penting untuk perumusan strategi evolusi desain yang akhirnya diadopsi oleh IBM dan Lenovo. Setiap ThinkPad berturut didasarkan pada perbaikan berturut-turut untuk generasi sebelumnya. Pendekatan manajemen yang sukses telah sering dibandingkan dengan teknik yang sama yang membangun warisan desain Porsche 911. David adalah saat Wakil Presiden Think Grup Produk di Lenovo.